Penjelasan Ihwal Hewan Marsupialia Beserta Misalnya Lengkap

Pengertian Hewan Marsupialia  dan Contoh Lengkap



Marsupialia yakni kelompok dari binatang mamalia yang betinanya mempunyai kantong perut(marsupium) atau sering disebut hewan berkantung. Betina pada binatang marsupialia mempunyai vagina berjumlah dua yang yang dua-duanya terbuka secara eksternal namun mengarah ke ruangan terpisah pada uterus lewat satu lubang sedangkan jantan umumnya mempunyai penis bercabang dua dan yang keluarkan bukanlah urin tetapi semen. Urin dikeluarkan lewat kloaka atau posterior yang berfungsi untuk akses pencernaan, urin, dan kebanyakan genital padahewan tertentu.

Hewan marsupialia melahirkan embrio kecil yang belum matang tetapi embrio itu akan berkembang dan meningkat dalam kantong perut induknya. Namun, embrio akan rapuh sehingga kemungkinan kecil untuk bertahan hidup dibandingkan dengan embrio pada mamalia plasenta.


Klasifikasi ilmiah


Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Mamalia

Upakelas: Theria

Infrakelas: Marsupialia

Ordo



  • Didelphimorphia

  • Paucituberculata

  • Microbiotheria

  • Dasyuromorphia

  • Peramelemorphia

  • Notoryctemorphia

  • Diprotodontia

  • †Sparassodonta

  • †Yalkaparidontia



Berikut adalah pola hewan marsupialia:


1.Kanguru


marsupial kangguru

Kanguru ialah hewan marsupialia yang berasal dari benua Australia. Penamaan kanguru cukup unik alasannya pada kurun ke 17, James Cook mendarat di Australia dan ia menyaksikan seekor kanguru lalu dia mengajukan pertanyaan pada salah seorang dari suku aborigin. Ia bertanya “ what is the name of the animal?” tetapi orang dari suku aborigin tersebut tidak mengetahui maksud dari bahasa tersebut, lalu dia menjawab “Gangguru” yang dalam bahasa aborigin adalah aku tidak mengerti maksud anda. Tetapi, Cook menduga kalau yang dikatakan orang itu yaitu nama dari hewan tersebut kemudian cook menyebutnya “Kangaroo“, alasannya adalah gangguru mirip dengan kangaroo. Terdapat 3 spesies dari kanguru ialah: kanguru merah, kanguru bubuk-debu timur, dan kanguru debu-bubuk barat. Kanguru mempunyai sepasang kaki belakang yang berpengaruh, sebab ukuran telapak kakinya yang besar memungkinkan beliau untuk melompat jauh dan kecepatannya mencapai 20-25 km/jam bahkan bisa mencapai 70 km/jam.


2. Wallaby


marsupial wallaby

Walabby dan kanguru kadang susah dibedakan. Apalagi orang yang tidak tinggal di australia, tapi ada beberapa perbedaan yang mampu kita lihat dari Wallaby dan Kanguru:  Wallaby berbadan sedikit bungkuk sedangkan Kanguru tegak, Wallaby gendut sedangkan Kanguru langsing, Wallabby lebih kecil sedangkan Kanguru bisa mencapai tinggi 2 meter. dan tampang Wallaby lebih seperti dengan tikus sedangkan Kangguru lebih seperti insan.


3. Quoll


marsupial Quoll


 Quoll yakni hewan marsupial yang berasal dari australia. kara quoll berasal dari bahasa aborigin yang memiliki arti kucing macan. tubuh quoll sebesar kucing dan cara makan dan berburu mirip dengan harimau sehingga disebut kucing macan.


4. Wallaroo


marsupial wallaroo

Wallaroo ialah hewan yang berasal dari australia sama halnya dengan kangguru ukuran wallaroo lebih kecil dari kangguru dan lebih besar dari wallaby. Wallaroo itu mempunyai arti “kangguru kecil“. Selain di Australia wallaro juga dapat ditemukan di negara bab Rocky.


5. Pademelon


marsupial Pademelon

Pademelon ialah marsupial kecil dari genus Thylogale dan terkecil dari famili macropoda. Hewan ini sangat pemalu saat ada hal yang menurut mereka mengganggu mereka akan pribadi berlari. Karena ukurannya yang kecil maka mereka menganggap hewan lain berbahaya dan dapat menjadi pemangsa mereka. Pademelon dapat ditemukan di hutan-hutan.


6.  Quokka


marsupial quokka

Quokka ialah hewan macropoda kecil yang ukurannya mirip kucing rumahan,mereka adalah binatang herbivora dan nocturnal dan quokka dapat didapatkan di beberapa pulau kecil di pesisir australia barat.


7. Koala


marsupial koala

Koala ialah jenis binatang marsupial khas australia. Disebut koala alasannya adalah dalam bahasa australia pribumi memiliki arti “tidak minum” pada realita koala minum air tetapi jarang karena koala makanan koala adalah daun ekaliptus yang sudah mengandung banyak air. Koala mampu ditemukan di sepanjang australia bab timur.


8. Tasmanian Devil


marsupial tasmanian devilMarsupial jenis ini adalah binatang pemakan daging dari famili Dasyuridae dan banyak didapatkan di negara bab Tasmania, Australia. Ciri-cirinya memiliki badan kekar dan berotot, bacin yang menyengat, bulunya berwarna hitam, serta mempunyai penciuman yang sungguh tajam.


9. Harimau Tasmania


marsupial Harimau tasmania

Harimau tasmania ialah binatang marsupial terbesar namun binatang ini telah punah pada tahun 1936.


10. Kanguru Pohon


marsupial kanguru pohon

Kanguru Pohon yakni hewan marsupial yang banyak didapatkan di papua dan papua nugini. Hewan ini hidup di hutan dan pepohonan.


11. Oposum


marsupial oposum


Oposum yaitu hewan marsupial yang didapatkan di amerika serikat.


12. Wombat


marsupial wombat

Wombat yaitu hewan marsupial yang didapatkan di Australia, binatang ini merupakan hewan tazmana devil. Hewan ini memiliki tata cara metabolisme yang sungguh lambat sehingga membutuhkan waktu 14 hari untuk mencerna makanan.


Demikian pembahasan kita ihwal “Penjelasan Tentang Hewan Marsupialia Beserta Contohnya Lengkap“, supaya bermanfaat dan jangan lupa ikuti artikel kita berikutnya. Sampai jumpa



0 Response to "Penjelasan Ihwal Hewan Marsupialia Beserta Misalnya Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel