Macam-Macam Flora Serealia (Biji-Bijian) Dan Pemanfaatannya

Penjelasan Tentang Tanaman Serealia dan Macamnya Lengkap


Kali ini kita akan membicarakan semua tentang tanaman serealia atau flora biji-bijian dari pengertian, contoh beserta gambarnya.


Serealia atau sering disebut Sereal atau Biji-bijian yaitu tanaman yang berasal dari suku rumput-rumputan dan diambil biji atau bulirnya sebagai sumber karbohidrat. Beberapa jenis serealia menjadi materi masakan pokok bagi sebagian besar penduduk dunia. Anggota dari serealia kebanyakan dari suku padi-padian contohnya padi, gandum, sorgum, jagung, jelai ,haver, gandum durum ,serta gandum hitam ialah beberapa teladan yang masuk kedalam serealia utama. Adapula anggota serealia yang disebut serealia semu mirip bayan biji,kinoa dan buckwheat dan ada juga serealia yang dipakai untuk pakan burung kicau mirip banyak sekali jenis milet dan jewawut.


Berikut yakni macam-macam tanaman serealia:


1. Padi


serealia padi

Oryza sativa atau yang diketahui dengan Padi yaitu salah satu tumbuhan serealia yang telah menjadi kuliner pokok di aneka macam negara tropis termasuk Indonesia. padi masuk kedalam sku padi-padian (poaceae), padi mempunyai akar serabut, batang pendek, bentuk daun sejajar berwarna hijau muda dan hijau renta, bunga tersusun beragam, tipe buahnya adalah kariopsis yang tidak dapat dibedakan antara biji dan buahnya (bulir) dan bentuk bulirnya lonjong dengan ukuran 3mm-15mm yang tertutup oleh sekam atau palea dan lemma . Tanaman padi yakni tumbuhan semusim dan hasil pengolahan padi disebut beras yang lalu dimasak menjadi nasi untuk di konsumsi sebagai sumber karbohidrat.


2.  Jagung


serealia jagung

Zea mays atau Jagung ialah tanaman serealia yang ditanam guna sebagai pakan ternak untuk bagian daun dan tongkolnya, dibagian bulirnya dibentuk minyak dan tepung maizena,dan ada bagian tongkol dan bulir yang sudah dibentuk tepung dipakai untuk materi baku industri.jagung kaya akan pentosa.


3. Gandum


serealia gandum

Triticum spp atau Gandum ialah jenis flora serealia yang tergolong kedalam suku padi-padian yang mengandung banyak karbohidrat. Biasanya di eropa gandum menjadi masakan pokok. Gandum selain dijadikan kuliner pokok juga diproduksi menjadi tepung terigu,pakan ternak,serta ada yang difermentasi untuk menciptakan alkohol, disamping itu juga mampu dijadikan bahan industri. Gandum diklasifikasikan berdasarkan warna, tekstur biji, dan ekspresi dominan tanamnya.menurut warna gandum diklasifikasikan menjadi merah dan putih, berdasarkan tekstur gandum diklasifikasikan menjadi soft, durum, dan hard, sedangkan menurut musim gandum dibagi menjagi spring dan winter. Secara lazim gandum dibedakan menjadi durum wheat,soft wheat, dan hard wheat.


4. Jelai


serealia jelai

Hordeum vulgare atau Jelai yakni salah satu jenis tanaman serealia yang berasal dari suku padi-padian yang banyak digunakan untuk pakan ternak, penghasil malt, serta untuk masakan kesehatan.


5. Oats atau Haver


serealia haver

Avena sativa L. atau banyak disebut Haver atau Oats ini yaitu salah satu jenis tanaman serealia yang banyak ditemui di kawasan sub-tropis dan sedang. Bulir yang dihasikan oleh ots ini banyak dimanfaatkan selain untuk kuliner pokok juga sebagai pakan ternak terutama kuda.


6. Sorgum


serealia sorgum

Sorgum spp. atau Sorgum ini adalah salah satu flora serealia yang serba guna yang banyak dipakai sebagai kuliner pokok, bahan baku industri, serta pakan ternak. Sorgum menjadi makann pokok di tempat Asia Selatan dan Afrika sub-sahara. Di Indonesia sorgum juga sudah mulai di budidayakan.


7. Fonio


serealia fonio


Fonio ialah jenis serealia yang memiliki bulir kecil dan masuk dalam kelompok milet. dua jenis fonio yang digunakan untuk budidaya yaitu jenis: Digitaria exilis dan D.iburua, kedua jenis ini sesungguhnya sama namun yang membedakan ialah miletnya. Fonio dapat menjadi flora alternatif yang relatif rendah pada tempat kekeringan seperti Afrika Barat.


8. Milet


serealia milet

Milet yakni kalangan dari tanaman serealia yang memiliki bulir berukuran kecil. Tanaman serealia yang dimasukan sebagai milet antara lain: jewawut, milet mutiara, proso dan korakan. sedangkan yang dianggap selaku milet adalah Echinochloa spp. (Barnyard millet, Japanese millet), Paspalum scrobiculatum (Kodo millet), Panicum sumatrense (Little millet), Brachiaria (Guinea millet, Browntop millet)

Milet menjadi kuliner pokok di Asia Selatan dan Afrika sedangkan yang di daerah lain cuma menjadi pakan ternak atau burung peliharaan. Kandungan yang terdapat dalam milet adalah vitamin B dan mineral seperti vitamin B6, niasin, folat,z at besi, kaliun, magnesium, kalsium, serta zinc.


9. Jewawut


serealia jewawut

Setaria italica atau dikenal dengan Jewawut ialah sejenis tumbuhan serealia yang pernah dijadikan masakan utama oleh masyarakat asia tenggara dan timur sebelum mengenal padi. Jewawut memiliki bulir yang kecil sekitar 3mm dan warnanya beragam ada hitam, ungu, jingga kecoklatan, hingga merah. Tinggi tumbuhan jewawut dapat meraih 2 meter. Ada 2 varietas jewawut adalah yang untuk di konsumsi insan ialah S.italica var.italica dan yang untuk pakan burung yaitu S.italica var. moharica


10. Jali


serealia jali

Coix lacryma-jobi L. atau diketahui dengan Jali adalah tanaman serealia dari suku pocaseae yang hidup di tempat tropika dan berasal dari Asia Timur dan Malaya tetapi kini jali telah menyebar keseluruh penjuru dunia. Bulir pada jali yang telah masak terbungkus oleh struktur yang keras dan bentuknya oval berwarna putih. Terdapat 2 varietas yang sering ditanam oleh orang yakni Coix lacryma-jobi var. lacryma-jobi mempunyai cangkang (pseudokarpium) keras berwarna putih serta berupa oval sering dipakai selaku manik-manik. Sedangkan Coix lacryma-jobi var. ma-yuen sering jadikan makanan dan juga menjadi bagian dari tradisi pengobatan Tiongkok.


11. Kinoa


serealia kinoa

Chenopodium quinoa Willd atau Kinoa yakni jenis serealia semu yang sangat ideal untuk dijadikan sumber gizi alasannya adalah tinggi akan karbohidrat dan protein. Kinoa menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indian Pegunungan Andes, Amerika bab Selatan.


12. Buckwheat


serealia buckwheat

Buckwheat yaitu tumbuhan serealia yang mampu diolah menjadi tepung, dengan nama wheat dibelakang bukanlah menjadikan buckwheat tanaam serealia yang mirip gandum alasannya adalah nutrisi yang paling mencolokpada tanaman serealia jenis ini adalah proteinnya yang bisa meraih 13%,karbohidrad 71% serta lemak 8% per 100g.disamping itu terdapat vitamin b, zat besi, serta zinc.


13. Tef


serealia tef

Tef yaitu tanaman serealia yang digunakan untuk sumber pangan dan pertanian. Tef menjadi kuliner pokok di Ethiopia dan Eritrea karena mengandung kalsium dan protein.


14. Zizania


serealia zizania

Wild rice atau Zizania atau juga dalam bahasa indonesia sering disebut padi liar ialah salah satu dari sekian banyak flora serealia yang menjadi makanan pokok di Amerika Utara dan China.


Demikian pembahasan kita tetang”Macam-Macam Tanaman Serealia (Biji-Bijian)“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kita selanjutnya. Sampai jumpa



0 Response to "Macam-Macam Flora Serealia (Biji-Bijian) Dan Pemanfaatannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel