Inilah… Jenis Dan Pembagian Terstruktur Mengenai Hiu Yang Tersebar Di Dunia

Jenis dan Klasifikasi Hiu Yang Tersebar Di Dunia


Hiu ialah ikan yang masuk dalam kelompok superordo selachimorpha. hiu memiliki badan ramping,mereka bernafas memakai lima,enam bahkan tujuh liang insang tergantung spesies di bagian samping. Hiu memiliki susunan kerangka tulang rawan yang lengkap, hiu dilapisi kulit dermal denticles pada tubuhnya yang berfungsi untuk melindungi kulit mereka biar tidak rusak, terhindar dari parasit dan untuk memperbesar dinamika air.

Hiu mempunyai tulang yang sangat ringan dan elastis karena terbuat dari tulang rawan muda meskipun kadang-kadang tulang riskan pada ikan yang lebih renta akan mengalami pengapuraa tulang sebagian. Hiu mempunyai bermacam-macam bentuk rahang yang diduka terjadi alasannya berevolusi dai rongga yang pertama.



Klasifikasi  Hiu

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Subfilum: Vertebrata

Kelas: Chondrichthyes

Subkelas: Elasmobranchii

Superordo: Selachimorpha

Ordo: Carcharhiniformes

Famili: Sphyrnidae

Genus:Sphyrna

Spesies:Sphyrna sp


Berikut ialah berbagai jenis ikan hiu:


1. Hiu Bigeye Threser (Alopias superciliosus)


Hiu Bigeye Threser


Hiu Bigeye Threser (Alopias superciliosus) yaitu jenis hiu yang dapat ditemukan di kawasan maritim khatulistiwa dan didapatkan di kedalaman 1.650 kaki di dalam maritim. hiu ini mempunyai warna abu keungu-unguan dan hiu jenis ini menempati urutan ke 11 hiu terbesar di dunia alasannya adalah besarnya mampu meraih sekitar 360.60 kg.


2. Hiu Bluntnose Sixgill ( Hihexanchus griseus )


Hiu bluntnose sixgill


Hiu Bluntnose Sixgill ( Hihexanchus griseus ) yakni jenis ikan hiu yang berasal dari famili hexanchidae. Hiu ini juga disebut juga Hiu Sapi. Hiu sapi mempunyai beragam warna mulai dari warna coklat sampai warna mendekati hitam.


3. Thresher Shark


hiu Thresher


Thresher Shark yakni jenis ikan hiu yang hidup diperairan khatulistiwa didunia. Hiu ini memang tampakramping tetapi pada realita hiu ini dapat mencapai bobot 498.95 kg serta panjangnya dapat meraih 19 kaki yang mengakibatkan hiu ini menjadi salah satu hiu paling besar urutan ke 9 di dunia.


4. Great Hammerhead (Sphyma mokarran)


hiu Great hammerheat


Great Hammerhead (Sphyma mokarran) atau yang diketahui dengan Hiu Martil adalah jenis hiu yang mampu didapatkan di perairan maritim khatulistiwa dan ikan ini bisa mencapai panjang 20 kaki. Hiu ini berbeda dengan ikan hiu pada lazimnya ikan hiu ini menilai bahwa manusia adalah sebuah ancaman alasannya adalah hiu ini bersifat pemalu di bandingkan hiu lainnya sering tampakhiu ini mengelak kalau ada insan mendekatinya.


5. Greenland shark


Greenland shark


Greenland shark atau dikenal gurry shark, sleeper shark,ground shark,grey shark atau juga inuit eqalussuaq yang bernaman latin Somniosus microsephalus ini ialah jenis hiu yang mampu ditemukan di tempat perairan Atlatic Utara yaitu di daerah Greenland dan Iceland.  Hiu ini dapat hidup mencapai umur 200 tahun dan hiu ini mampu didapatkan pada kedalaman 6600 kaki Di dasar bahari.


6. Pasific Sleeper Shark ( Somniosus pasificus)


hiu Pasifik sleeper shark Pasific Sleeper Shark ( Somniosus pasificus) yakni jenis hiu yang mampu ditemukan di tempat dengan temperatur rendah atau daerah yang menghadap kutub dan hidup di bahari dalam yang kedalamannya hingga 6500 kaki di dasar maritim.


7. Tiger Shark


Tiger shark


Tiger Shark adalah jenis hiu yang sungguh populer kekejamannya selain mengkonsumsi semua biota bahari ikan hiu jenis ini juga sering menyerang para penyelam. Hiu bercorak macan ini memiliki berat sampai 907,18 kg dan umumnya hidup di daerah perairan khatulistiwa namun condong pada perairan pasifik.


8. Great White Shark


great white shark


Great White Shark ialah jenis hiu dengan nama latin carcharodon carcharias dan ialah hiu terakhir dari spesies carcharodon. jenis ini mampu tumbuh meraih 26,2 kaki untuk panjangnya dan mampu mencapai 2267.96 kg untuk beratnya. great white shark ini dapat ditemukan di semua pantai di akrab lautan dan usahakan jangan berenang bareng hiu jenis ini alasannya adalah sungguh berbahaya..


9. Basking Shark (Cetorhius maximus)


basking shark


Basking Shark (Cetorhius maximus) yakni jenis hiu yang dapat hidup dengan berat 19 ton(terberat yang pernah ditemukan) meskipun ukurannya sungguh besar hiu ini bukanlah seekor predator.


10. Whale Shark (Rhincodon thypus)


whale shark


Whale Shark (Rhincodon thypus) atau di kenal dengan nama Hiu Paus ini yaitu jenis hiu yang memiliki berat yang bisa meraih 15 ton dan banyak didapatkan di tempat bahari khatulistiwa dan perairan hangat, hiu ini mampu hidup selama 70 tahun. Dengan ukuran yang sungguh besar bukan bermakna hiu ini predator ganas dan memiliki pergerakan yang cepat melainkan hiu ini ialah hiu yang hanya memangsa phytoplankton dan binatang kecil yang lain serta pergerakannya lambat.


11. Megalodon Shark


megalodon shark


Megalodon Shark  adalah jenis hiu raksasa ini mempunyai panjang badan sekitar 14-18 m dan gigi runcing dengan dia meter 120 mm. Hiu jenis ini diperkirakan sudah punah namun ada yang memperkirakan hiu ini masih ada di palung terdalam di dunia yakni palung mariana alasannya terekam oleh robot kamera.

Makanan hiu ini yakni ikan paus, ikan lumba-lumba, penyu,serta biota laut lainnya. Hiu ini yaitu predator laut yang terbaik yang pernah ada alasannya di dukung dengan kecepatan, serta kekuatan giginya.


12. Rare Shark


rare shark


Rare Shark ialah jenis hiu prasejarah yang pernah didapatkan di jepang.


13. Hiu Goblin


hiu goblin


Hiu Goblin adalah jenis hiu purba yang dipertemukan sudah punah namun masih didapatkan di perairan maritim dalam di Jepang. Hewan ini mampu meraih panjang 1.3 m dengan bentuk tubuh unik dengan warna debu dan memiliki moncong pipih serta panjang.


14. Hiu Gergaji


hiu gergaji


Hiu Gergaji yaitu jenis hiu yang unik alasannya adalah moncong yang dimilikinya berbentuk mirip gergaji dengan posisi insang di bagian bawah tubuh. Gaya hidup hiu ini layaknya seperti ikan pari.


15. Walking Shark


walking shark


Walking Shark yakni jenis hiu yang di peroleh di kawasan teluk cendrawasih, Indonesia. Walapun bisa berenang tetapi sama dengan namanya walking shark maka dia sering menggunakan siripnya untuk berjalan didasar laut. Para peneliti mengemukakan bahwa mungkin model hiu ini adalah hewan yang menciptakan transisi dari maritim ke darat.


Demikian klarifikasi kami wacana”Jenis dan Klasifikasi Hiu Yang Tersebar Di Dunia“, biar berguna dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa



0 Response to "Inilah… Jenis Dan Pembagian Terstruktur Mengenai Hiu Yang Tersebar Di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel