Klarifikasi Wacana Bajing Dan Jenis-Jenisnya

Jenis-Jenis Tupai dan Pembahasan Lengkap


Tupai ialah binatang yang di golongkan dalam mamalia berskala kecil, sering juga bajing disamakan dengan bajing hal itu terjadi sebab tupai dan bajing mempunyai kemiripan. Padahal tupai dan bajing tidak sama dan jauh kekerabatannya, tupai digolongkan kedalam insektinvora(hewan pemakan serangga) bareng cerurut sedangkan bajing digolongkan dalam rodentia(hewan pengerat) bareng tikus. Tupai mempunyai rasio otak yang lebih besar daripada ukuran tubuhnya, bahkan rasio otak bajing adalah yang paling besar diantara mahkluk yang lain termasuk juga insan. Tupai pernah dipisahkan dengan cerurut yang tetap berada dalam bangsa insektivora dan dipindahkan bersama kera pada bangsa primata,hal tersebut terjadi alasannya kemiripan internal tupai yang dianggap sebagai kalangan primata permulaan.

tetapi sekarang bajing digolongkan tersendiri dalam ordo scandentia bersama bangsa primata,bangsa dermoptera yang menyusun kelompok hewan dengan nama Euarchonta.


Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Mammalia

Ordo: Scandentia

Suku

Tupaiidae

Ptilocercidae


Jenis- jenis bajing  sebagai berikut:


1. Tupai madras (Anathana ellioti)


tupai madras Anathana ellioti

Tupai mandras ialah jenis bajing yang berasal dari genus Anathana yang banyak tersebar di anak Benua India , bajing ini memiliki warna coklat kemerahan dibagian punggung sampai ekor. Tupai jenis ini suka menghabiskan waktu di tanah atau memanjat di bebatuan untuk mencari serangga atau biji-bijian.


2. Tupai ekor-kecil indochina (Dendrogale murina)


dendrogale murina

Tupai ekor-kecil indochina yaitu jenis bajing yang berasal dari genus Dendrogale yang banyak tersebar di kamboja, vietnam bab selatan dan thailand bagian timur. Tupai ini mempunyai warna coklat kehitaman pada bagian atas tubuhnya dan warna coklat muda pada bagian bawah, warna ekornya gelap dan lebih gelap mendekati ujung, mempunyai cakar yang relatif kecil, mereka suka makan buah,arthopoda dan vertebrata kecil.


3.Tupai ekor-kecil (Dendrogale melanura)


tupai melaruna

Tupai ekor-kecil(Dendrogale melanura) yakni jenis tupai yang berasal dari genus dendrogale dan keberadaannya Terbatas di Sarawak bagian utara. Tupai ini berwarna coklat gelap pada bagian atas dan warna oranye dengan abu bubuk dan hitam kemerahan mengkilat pada sepanjang sisi bagian bawah. Mereka mempunyai moncong yang pendek serta cakar yang tajam.


4. Tupai indochina (Tupaia belangeri)


tupai belangeri

Tupai indochina (Tupaia belangeri) yaitu jenis bajing yang berasal dari genus tupaia yang keberadaannya tersebar di assam,bangladesh,thailand,indochina,hainan,burma dan Tiongkok bagian selatan.


5. Tupai mentawai (Tupaia chrysogaster)


tupai mentawai

Tupai mentawai (Tupaia chrysogaster) yaitu jenis bajing yang berasal dari genus tupaia yang keberadaannya tersebar di Kepulauan Mentawai,Sumatera Barat, Indonesia. Tupai yang memiliki ekor yang panjang, dan baik  indera pendengaran, penglihatan, serta penciuman. Tupai ini pemakan segala macam (omnivora). Makanan yang disantap ialah berbagai serangga biji-bijian,, vertebrata kecil, hingga buah-buahan. Masa kehamilan tupai ini adalah 50 hari, ketika gres lahir bayi tupai metawai tidak dapat melihat dan tidak berambut, namun mereka mampu meninggalkan sarang pada usia 1 bulan.


6.  Tupai bergaris (Tupaia dorsalis)


tupai bergaris

Tupai bergaris (Tupaia dorsalis) yaitu jenis bajing yang berasal dari genus tupaia  Tupai ini memiliki garis hitam lurus di punggungnya,  mulai dari belakang kepala hingga ke pangkal ekornya. Rambut punggung halus dan pendek , berwarna lurik dengan pangkal berwarna putih, di tengah berwarna kuning sampai warna kuning kecoklatan, dan ujungnya berwarna hitam. Campuran warna ini menjadi seperti bubuk merica karena warnanya coklat kekuningan sampai kuning kehitaman. Permukaan perutnya berwarna kelabu kekuningan. Jenis tupai ini banytak tersebar di pulau Borneo.


7. Tupai akar (Tupaia glis)


tupai akar

Tupai akar (Tupaia glis) adalah jenis tupai yang berasal dari genus tupaia yang banyak tersebar di Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa dan Borneo. Punggung tupai ini berwarna coklat kemerahan dan ekor kehitam-hitaman sementara berwarna abu-bubuk kekuningan pada begian perut dan terdapat garis pucat di pundak. tupai ini aktif mencari kuliner pada siang hari, mereka hidup secara berpasangan.


8. Tupai ramping (Tupaia gracilis)


Tupai gracilis

Tupai ramping (Tupaia gracilis) ialah jenis tupai yang berasal dari genus tupaia yang banyak tersebar di Borneo, Karimata, Bangka dan Belitung.


9. Tupai kekes (Tupaia javanica)


tupai kekes

Tupai kekes (Tupaia javanica) yaitu jenis tupai yang berasal dari genus tupaia yang banyak tersebar di Sumatra, Nias, Jawa dan Bali.bajing ini bertubuh ramping. Bagian atas badan bajing ini berwarna kuning-coklat bubuk-bubuk dengan bintik bulu kehitaman,di bab mata dan pundak berwarna kuning keputihan sedangkan sisi bagian perut dan bawah kaki berwarna kekuningan hingga keputihan, tupai ini mempunyai ekor yang panjang,lebar,namun tidak tebal berwarna coklat kuning dengan bintik kehitaman.


10. Tupai kaki-panjang (Tupaia longipes)

tupai glis longipes

Tupai kaki-panjang (Tupaia longipes) adalah jenis bajing yang berasal dari genus tupaia banyak didapatkan di daerah Sarawak, Malaysia


11. Tupai kecil (Tupaia minor)


tupai kecil Tupaia minor

Tupai kecil (Tupaia minor) ialah jenis tupai yang berasal dari genus tupaia yang banyak ditemukan di Semenanjung Malaya, Sumatra, Borneo, dan beberapa pulau mirip Singkep dan Pulau Laut.


12. Tupai kalamian (Tupaia moellendorffi)

Tupai kalamian (Tupaia moellendorffi) yakni jenis tupai yang berasal dari genus tupaia dan banyak ditemukan di Pulau Calamian, Filipina. Memiliki moncong yang agak pendek.


13. Tupai gunung (Tupaia montana)


tupai montana

Tupai gunung (Tupaia montana) jenis bajing yang berasal dari genus tupaia yang keberadaannya Terbatas di pegunungan di Sarawak, Malaysia. Bagian punggungnya berwarna karat dengan garis hitam sepanjang punggung namun warnanya tidak jelas, memiliki ekor agak pendek, sedangkan bagian bawah berwarna kuning langsat.


14. Tupai nikobar (Tupaia nicobarica)


tupai nicobarica

Tupai nikobar (Tupaia nicobarica) yaitu jenis bajing yang berasal dari genus tupaia yang keberadaannya Terbatas di Kepulauan Nikobar,India.


15. Tupai palawan (Tupaia palawanensis)


tupai palawanensis

Tupai palawan (Tupaia palawanensis) adalah jenis tupai yang berasal dari genus Tupaia yang keberadaannya tersebar Terbatas di Palawan, Filipina.


16. Tupai tercat (Tupaia picta)

Tupai tercat (Tupaia picta) ialah jenis tupai yang berasal dari genus Tupaia dan keberadaannya tersebar terbatas di Sarawak.


17. Tupai indah (Tupaia splendidula)

Tupai indah (Tupaia splendidula) yaitu jenis bajing yang berasal dari genus Tupaia dan keberadaannya tersebar di Borneo bagian selatan, Karimata, Natuna, dan Pulau Laut.


18.Tupai tanah (Tupaia tana)


tupai tana

Tupai tanah (Tupaia tana) adalah jenis bajing yang berasal dari genus Tupaia dan keberadaannya hanya ada di pulau Sumatra dan Borneo.


19. Tupai mindanao (Urogale evereti)


tupai Urogale evereti

Tupai mindanao (Urogale evereti) yakni jenis bajing yang berasal dari genus urogale dan tersebar Terbatas di Mindanao dan pulau-pulau sekitarnya, Filipina.


20. Tupai ekor-sikat (Ptilocercus lowii)


tupai Ptilocercus lowii


Tupai ekor-sikat (Ptilocercus lowii) adalah tupai yang berasal dari genus Ptilocercus yang keberadaannya tersebar di Semenanjung Malaya, Sumatra, Borneo dan pulau-pulau di sekitarnya.


Demikian pembahasan kami perihal “Penjelasan Tentang Tupai dan Jenis-Jenisnya“, agar berguna dan jangan lupa ikuti artikel kami berikutnya. Sampai jumpa



0 Response to "Klarifikasi Wacana Bajing Dan Jenis-Jenisnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel