Pemahaman Tanaman Umbi Berdasarkan Jenis Dan Misalnya

Pengertian Tanaman Umbi-Umbian – Umbi adalah organ pada flora yang mengalami pergantian bentuk dan ukurannya menurut pergeseran yang terjadi pada fungsinya. Organ yang membentuk umbi yakni akar, batang atau modifikasinya.  Ada beberapa macam umbi diantaranya:


1.Umbi Lapis 


Umbi lapis adalah sejenis umbi-umbian yang terbentuk dari tumpukan daun yang rapat dalam format roset. Umbi lapis terbentuk dari beberapa suku monokotil( tumbuhan berkeping satu) seperti liliaceae dan amaryllidaceae(arti luas,termasuk kalangan bawang-bawangan). Jenis umbi ini dianggap berbeda dengan jenis umbi lain alasannya adalah karbohidrat yang diakumulasikan bukan dalam bentuk polisakarida.


Pada bagian pangkal umbi lapis terdapat bab yang agak keras yang sering disebut cakram, cakram tersebut bahwasanya yakni batang. akan tumbuh lapisan-lapisan daun lunak,tebal,serta lembap dari cakram tersebut yang kemudian terbentuk struktur membesar yang disebut umbi. Apabila lapisan yang terbentuk kecil dan saling menyirap maka disebut squama(sisik) dan apabila lapisan yang terbentuk besar dan saling menutupi maka disebut tunica.umbi lapis jikalau dibelah maka akan tampaklapisan lapisan tadi.

Contoh dari umbi lapis antara lain:



  •  Bawang Merah (Allium cepa var ascalonicum)


umbi bawang merah


Bawang Merah (Allium cepa var ascalonicum) ialah salah satu dari umbi lapis yang banyak dipakai untuk bumbu kuliner di aneka macam negara di dunia. bawang merah berasal dari iran dan pakistan serta pegunungan di bab utaranya. lalu di kawasan acuh taacuh,tropis dn sub-tropis dibudidayakan. selain untuk bumbu masakan bawang merah juga lezat di makan mentah,di buat acar serta bisa juga dipakai untuk obat tradisional. ternyata juga kulit bawang merah juga dapat dipakai untuk pewarna dan daunnya mampu dijadikan sayuran.

bawang merah banyak mengandung vitamin c,serat, kalium, asam folat, zat besi bahkan kalsium. selain itu bawang merah mengandung efek antiseptik dan senyawa alliiin.



  •  Bawang Putih (Allium sativum)


umbi bawang putih

Bawang putih yakni salah satu jenis dari umbi lapis yang banyak dipakai untuk bumbu masakan. Selain untuk bumbu kuliner bawang putih dipakai untuk obat penyakit kutil. Bawang putih mentah mengandung banyak senyawa-senyawa welirang tergolong alliin sehingga rasa bawang putih getir. bawang putih mampu dijadikan antibiotik alami didalam badan.



  •  Bawang bombai(Allium Cepa Linnaeus)


umbi bawang bombai


Bawang bombai(Allium Cepa Linnaeus)  yaitu salah satu jenis umbi lapis yang berasal dari asia tengah. Bawang ini terbentuk dari lapisan daun yang membengkak dan bersatu, berakar serabut, daunnya berbentuk mirip pipa namun pipih dan ukurannya lebih besar dari bawang merah. Bawang bombai umumnya digunakan untuk bumbu masakan dan tidak cuma itu bawang bombai bisa di jadikan hiasan pada kuliner.


2.  Umbi Batang


Umbi batang (tuber cauligenum) ialah umbi yang terbentuk dari adaptasi batang atau juga bisa disebut bagian dari batang yang tumbuh dan meningkat dibagian dalam tanah dan menggelembung pada bab ujungnya, mirip geragih (stolo) atau rimpang (rhizoma). Oleh manusia umbi batang dijadikan materi vegetatif alasannya adalah mampu menghasilkan tunas dan akar. Umbi jenis ini banyak dihasilkan oleh beberapa spesies Solanaceae (yang paling diketahui yaitu umbi kentang) dan Asteraceae (mirip umbi dahlia dan topinambur) serta Rimpang jahe-jahean (Zingiberaceae) sering dianggap selaku “umbi” atau “akar”.

Contoh umbi batang:



  • Kentang


umbi kentang

Kentang adalah salah satu contoh tumbuhan umbi batang dari spesies Solanaceae yang sering kita jumpai. Kentang ialah tanaman semusim yang hidup di kawasan hambar atau dataran tinggi untuk daerah beriklim tropis. Kentang banyak mengandung karbohidrat,mineral,protein, karotenoid, polifenol, dan sejumlah vitamin mulai dari vitamin c hingga asam folat. Di luar negeri kentang dikenal sebagai kuliner pokok sedangkan di indonesia masih dianggap selaku sayuran. Pada kentang terdapat zat solanin yang mampu dipakai selaku obat penenang , anti kejang, anti jamur dan pestisida.



  • Ubi Jalar


umbi ubi jalar


Ubi jalar adalah tanaman umbi batang yang dibudidayakan lewat stolon atau geragih.ubi jalar mengandung senyawa beta karoten yang bisa menurunkan bengkak dari virus hiv/aids.


3. Umbi Akar( tuber rhizogenum)


Umbi akar( tuber rhizogenum) ialah umbi yang terbentuk dari akar. Umbi ini dapat terbentuk dari akar tunggang maupun akar cabang. contohnya adalah wortel atau lobak,singkong,ubi jalar,dll.



  •  Wortelumbi wortelWortel ialah jenis flora umbi yang terbentuk dari akar tunggang yang siklus hidupnya cuma 12-24 bulan saja (tumbuhan biennial) rasa dari wortel yaitu cantik langu.wortel banyak mengandun vitamin a yang sangat bagus untuk kesehatan mata,selain itu wortel juga mengandung banyak vitamin seperti b1,b2,b3,b6,b9,c,zat besi,fosfor,kalium,sodium,kalsium,serta magnesium sehingga wortel dapat dimanfaatkan selaku obat sembelit,penurunkan resiko stroke, serta antikanker.


4.  Umbi udara 


Umbi udara adalah umbi yang muncul pada bagian batang yang berada di atas tanah. flora yang memunculkan umbi semacam ini salah satunya yakni anggota Dioscoreaceae, seperti uwi dan gembili.



  • Uwi


umbi uwi


Uwi adalah flora dari genus Dioscoreaceae. Tumbuhan ini yakni flora semusim, umbinya memiliki   bentuk beragam mirip bundar,pipih panjang,bercabang dan ada yang menjari.


Demikian pembahasan kita perihal”Pengertian Tanaman Umbi Berdasarkan Jenis Dan Contohnya“, biar bermanfaat dan jangn lupa ikuti artikel kita selanjutnya. Sampai jumpa



0 Response to "Pemahaman Tanaman Umbi Berdasarkan Jenis Dan Misalnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel