Perbedaan Antara Ikan Hiu Dan Paus Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Perbedaan Antara Ikan Hiu Dan Paus Yang Belum Banyak Orang Ketahui


Hai sobat…..Sebelumnya kita telah memposting perihal hiu dan paus tapi taukah kau bahwa hiu dan paus memiliki perbedaan yang sangat menonjol , kali ini kita akan membahas wacana perbedaan dari kedua hewan tersebut amati klarifikasi di bawah ini :



Hiu yaitu ikan yang masuk dalam golongan superordo selachimorpha. hiu memiliki tubuh ramping,mereka bernafas memakai lima,enam bahkan tujuh liang insang tergantung spesies di bab samping. Hiu memiliki susunan kerangka tulang riskan yang lengkap, hiu dilapisi kulit dermal denticles pada tubuhnya yang berfungsi untuk melindungi kulit mereka agar tidak rusak, terhindar dari benalu dan untuk memperbesar dinamika air.

Hiu mempunyai tulang yang sangat ringan dan elastis karena terbuat dari tulang riskan muda meskipun kerap kali tulang rawan pada ikan yang lebih renta akan mengalami pengapuraa tulang sebagian. Hiu memiliki beragam bentuk rahang yang diduga terjadi karena berevolusi dai rongga yang pertama.


Tiger shark


Sedangkan


Paus ialah mamalia bahari terbesar saat ini. Paus merupakan salah satu dari banyak jenis hewan yang hidup dan tinggal di bahari. Paus yaitu hewan mamalia maritim, namun seringkali disebut selaku ikan alasannya adalah bentuknya mirip golongan ikan. Paus ialah anggota bangsa Cetacea yang berukuran besar.


Paus mempunyai ukuran tubuh besar, cerdas dan hidup bebas di samudera. Jika pada umumnya binatang maritim bernapas dengan insang tetapi tidak dengan paus, mereka bernapas dengan paru-paru. Berbeda pula dengan sapi laut atau manati, paus menjadi satu-satunya mamalia laut yang bisa hidup dibawah laut selama hidupnya. Karena itu, mereka begitu mudah menyesuaikan diri dengan kedalaman samudera yang entah tak terkira hitungannya. Ciri lain dari paus yakni memiliki rambut meskipun sedikit (umumnya terdapat pada paus akil balig cukup akal), berdarah masbodoh, memiliki kelenjar susu, memiliki jantung dengan empat ruang.


Pada biasanya, paus terbagi menjadi dua kategori. Ada paus bergigi (odontoceti) dan paus tidak bergigi (Mysticeti). Paus Odontoceti yang bergigi ialah pemangsa yang memakan ikan, sotong, dan mamalia maritim, memiliki satu lubang pernapasan. Paus bergigi berkerabat bersahabat dengan lumba-lumba dan pesut. Paus tidak bergigi berukuran lebih besar ketimbang ikan paus bergigi dan mempunyai struktur yang dikenal sebagai balin yang berbentuk sikat. Struktur ini berguna untuk menyaring plankton, makanannya, di air. Paus berbalin memiliki dua lubang pernapasan.


paus


Berikut yaitu perbedaan antara Hiu dan Paus:



  1. Hiu digolongkan ke dalam pisces/ikan yang mempunyai sisik ditubuhnyadan termasuk vertebrata yang memiliki tulang punggung kaku dan pada ketika berenang hiu mengibaskan ekornya ke kanan dan ke kiri sedangkan Paus digolongkan kedalam mamalia karena ia ialah binatang laut yang memiliki kelenjar susu,dia tidak bersisik dan bukan binatang vertebrata dan bila berenang paus mengibaskan ekornya keatas dan kebawah.

  2. Hiu mempunyai tulang yang tersusun dari tulang beresiko yang bersifat fleksibel yang banyak membentuk pendengaran dan hidung, sedangkan Paus memiliki tulang yang kaku jadi jikalau disimpulkan kerangka yang dimiliki Paus lebih berat dibanding Hiu.

  3. Hiu bernafas dengan insang yang terdapat disisi kepala bagian kanan dan kiri dan bentuk insangnya sungguh tipis serta mudah dilipat sedangkan Paus bernafas memakai paru-paru jikalau ingin mengambil oksigen ketika berenang maka Paus akan keluar ke permukaan dan menyerapnya lewat terusan pernapasan yang ada di atas kepalanya.

  4. Hiu ialah hewan berdarah cuek jadi hiu tidak dapat mengendalikan suhu tubuh. Lingkungan sekitar hiu sungguh berpengaruh terhadap suhu tubuhnya. Jadi, inilah alasannya kenapa Hiu lazimnya hidup di perairan sub-tropis dan tropis walaupun ada juga yang hidup di perairan yang masbodoh. Sedangkan Paus, termasuk hewan berdarah panas yang dengan mudah mengontrol suhu tubuhnya menyesuaikan lingkungannya untuk bertahan hidup baik di perairan hambar atau hangat.

  5.  Hiu berkembangbiak dengan cara bertelur(ovipar) dan ada juga yang meningkat biak dengan cara bertelur-melahirkan(ovovivipar). Hiu indukan akan bisa menciptakan kurang dari 100 butir telur. Telur setelah menetas maka induk hiu ada yang tetap mengasuh larvanya dan ada pula yang langsung meninggalkannya. Sedangkan Paus, meningkat biak dengan cara melahirkan(vivipar). Setelah melahirkan paus akan mengasuh anakannya sampai mereka mampu bertahan hidup sendiri.


Demikan penjelasan kita wacana “Perbedaan Antara Ikan Hiu Dan Paus Yang Belum Banyak Orang Ketahui“, supaya bermanfaatdan jangan lupa ikuti postingan kita selanjutnya. Sampai jumpa



0 Response to "Perbedaan Antara Ikan Hiu Dan Paus Yang Belum Banyak Orang Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel